Rabu, 03 Juni 2009

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pasar

Proses pembelajaran Ekonomi kali ini merupakan lintas program antara Bidang Studi IPS/Ekonomi, Geografi dengan Bidang Studi Bahasa Indonesia.
A. Standart Kompetensi Ekonomi / Pasar
- Memahami kegiatan ekonomi masyarakat

Indikator :
-
Siswa mampu membuat penelitian sederhana tentang pasar

B. Standar Kompetensi Geografi / Interaksi Sosial sebagai Proses Sosial

Memahami kehidupan sosial manusia

Indikator :
Siswa mampu mengenal lingkungan sekitar dengan melakukan interaksi dengan masyarakat sekitar

C. Standart Kompetensi Bahasa Indonesia/ Menulis
  • Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan melalui menulis laporan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Proses Pembelajaran untuk mata pelajaran Ekonomi
  • Menunjukkan video kegiatan pasar. Siswa ditugaskan untuk mengamati tentang kegiatan yang ada di video, kemudian siswa menganalisa dari kegiatan tersebut. guru memperhatikan reaksi siswa kemudian mencatatnya
  • Guru menanyakan :
Berdasarkan (2) video tersebut

1. Identifikasikan syarat-syarat terjadinya pasar!

2. Apakah yang dimaksud dengan pasar?

3. Jika ditinjau dari cara pelayanan masing-masing pasar tersebut disebut pasar
.... dan pasar ....
4. Bagaimana menurut pendapatmu jika di sekitar rumahmu tidak ada pasar?
  • Agar siswa dapat memahami tentang kegiatan ekonomi masyarakat khususnya di pasar guru akan memberi tugas secara kelompok untuk melakukan penelitian sederhana tentang pasar. Penelitian ini diawali dengan melakukan observasi terhadap pasar yang dijadikan obyek penelitian, dan diakhiri dengan pembuatan laporan
Observasi dan Membuat Laporan :
1.
Tugas siswa : siswa diberi tugas untuk melakukan observasi terhadap pasar
yang akan
dijadikan obyek penelitian, dengan format yang sudah tersedia
2. Bentuk karya siswa : berupa pembuatan laporan, kemudian dipresentasikan
dengan
menggunakan teknik yang dikehendaki siswa.(Misalnya: power point, movie maker, poster, dll.)
3. Tugas dikerjakan : secara kelompok dengan jumlah anggota maksimal 3
orang

4. Waktu yang diberikan : satu minggu

Proses Pembelajaran Geografi :

Agar siswa dapat lebih mengenal lingkungannya, maka siswa diberi tugas untuk berkomunikasi langsung dengan warga sekitar sekolah agar lebih mengenal lingkungannya

Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia :
Kerangka laporan yang harus dipersiapkan :
1. Halaman Judul

2. Halaman Kata Pengantar

3. Halaman Isi Laporan:

- Pendahuluan
* Mengapa kegiatan ini dilakukan
* Apa tujuan dari kegiatan ini
- Isi Laporan
* Pelaksanaan Kegiatan
* Uraian dari hasil pengamatan/ kegiatan
- Penutup
* Kesimpulan hasil kegiatan
* Harapan berikutnya dari hasil kegiatan

Tidak ada komentar: